Berikut Informasi Tentang Memasak Basah yang harus di Ketahui

Tak bisa dimungkiri, seorang ibu rumah tangga pasti tidak pernah lepas dari yang namanya urusan dapur, khususnya memasak. Kamu pasti memiliki keinginan untuk menyiapkan menu makanan sehat bagi keluarga tercinta, ‘kan? Nah, saat itulah, urusan masak-memasak menjadi kebutuhan penting bagi seorang ibu.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas teknik memasak basah secara lebih rinci. Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini sampai habis!

Kebanyakan orang memandang teknik memasak basah hanya dengan cara merebus. Padahal, tidak hanya itu saja, lho! Teknik memasak basah yang dianggap lebih sehat dibandingkan teknik memasak kering yang memiliki enam subteknis yang bisa kamu pelajari.

Merebus / Boiling

Teknik memasak basah yang pertama sudah pasti merebus. Teknik memasak ini sebenarnya sangat simpel. Kamu cukup memasukkan bahan makanan yang akan kamu masak ke dalam panci yang sudah berisi cairan mendidih. Kebanyakan proses teknik memasak dengan cara merebus ini menggunakan air atau kaldu, tapi ada juga yang menggunakan susu. Teknik memasak ini sangat cocok untuk membuat sup.

Poaching

Teknik memasak ini sangat mirip dengan merebus. Hanya saja, cairan yang digunakan lebih sedikit dan api yang dipakai pun lebih kecil. Membuat telur dengan teknik memasak poaching ini sangat cocok untuk jadi menu sarapanmu, lho!

Simmering

Kalau kamu mau memasak berbagai menu berkuah kental ala Indonesia, seperti rawon atau soto, teknik memasak simmering sangat pas digunakan. Teknik memasak ini membuat makanan terendam pada cairan dalam jangka waktu yang lama sebab api yang digunakan kecil. Dengan demikian, makanan jadi lebih lama matang, tapi kuahnya menjadi pekat.

Lihat Promo Toko Mr. Kitchen

Blanching

Sayur-sayuran lalap biasanya dimasak dengan cara blanching, di mana teknik memasak ini dilakukan dengan cara memasukkan bahan makanan ke dalam air yang tidak terlalu mendidih. Untuk nyala apinya sebaiknya kecil saja. Selain itu, bahan makanan yang dimasukkan pun cukup sebentar saja berada di dalam air panas. Biasanya teknik memasak blanching digunakan untuk memasak sayuran dengan tujuan untuk membersihkan kotoran yang mungkin ada di permukaannya.

Stewing

Cairan yang digunakan untuk teknik memasak ini lebih sedikit dibandingkan untuk merebus ataupun simmering. Namun, api yang digunakan justru termasuk api besar. Umumnya, teknik memasak secara stewing menggunakan cairan kental, seperti susu atau santan. Ini membuat hasil makanan menjadi gurih karena cairan terserap ke dalam bahan makanan.

Steaming

Cara untuk melakukan teknik memasak basah yang terakhir adalah steaming atau bahasa Indonesianya adalah mengukus. Jika yang lain menggunakan air sebagai sumber pematang, teknik memasak ini justru hanya mengandalkan uap air. Cara memasak ini diyakini mampu menghasilkan makanan yang nutrisinya lebih terjaga.

Informasi produk Selengkapnya di Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s