Simak Perlengkapan Masak Dapur Modern

Alat memasak modern dan tradisional (kuno) merupakan informasi penting. Pasalnya, sampai sekarang, aktivitas atau kegiatan masak masih menjadi kesibukan di dapur. Inovasi merubah alat masak zaman dahulu (dulu) sehingga saat ini tidak lagi menjadi relevan di gunakan, selain alasan tidak efektif.

Banyak alasan mengapa kami menulis artikel ini. Salah satu yang pasti adalah, informasi ini sangatlah penting untuk menjadi arsip di blog, selain bagi Anda yang masih sekolah, bisa jadi informasi alat masak modern dan tradisional ini menjadi tugas untuk menambah nilai akademis Anda.

Sebelumnya, kami juga sudah banyak sekali menulis mengenai alat tradisional, mulai dari alat komunikasi tradisional, alat transportasi tradisional, alat musik tradisional dan masih banyak lagi. Informasi tersebut ternyata sudah mendapat akses dari para pengguna internet. Bahagia rasanya lho!

Nah, pada kesempatan kali ini, tepat pada tahun 2018, izinkan penulis untuk menyampaikan tenang alat memasak modern dan tradisional.

1. Wok

Alat memasak ini, bentuknya seperti wajan, namun memiliki gagang yang panjang pada salah satu sisinya. Biasanya digunakan untuk membuat masakan dengan waktu yang singkat, seperti tumisan, nasi goreng, mie goreng, dan lain-lain.

2. Wajan

Wajan sering disebut penggorengan. Wajan merupakan peralatan memasak yang terbuat dari besi atau logam lainnya yang diletakkan di atas kompor atau tungku dan digunakan untuk wadah makanan saat memasak.

3. Pan

Kini Pan tersedia dengan banyak bentuk dan ukuran. Fungsi utamanya untuk menggoreng dengan minyak sedikit, membuat omelet, pancake, dadar, dan memasak telur. Untuk menggoreng dengan minyak banyak dapat menggunakan frying pan dengan ukuran yang lebih besar dan tersedia langsung saringan. Biasanya pan dilapisi dengan bahan anti lengket karena pan digunakan untuk membuat masakan yang langsung dihidangkan dengan cantik, sehingga memudahkan saat membentuk makanan

4. Pasta Pot

Saat membuat pasta, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengangkat pasta yang sudah matang karena tidak bisa langsung membuang airnya. Atau mungkin kamu butuh alat tambahan seperti penyaring untuk memudahkannya. Tapi dengan Pasta Pot ini, kamu bisa melakukan keduanya bersamaan.

5. Twist Silicone Whisk

Alat pengocok yang satu ini selain bisa digunakan untuk mengocok telur atau krim, bisa juga digunakan layaknya spatula yaitu untu mengaduk saus dan semacamnya. Sangat mudah dibersihkan dan praktis.

6. Kompor Gas

Kompor gas berada pada peringkat pertama sebagai peralatan dapur yang wajib dan harus dimiliki. Tanpa adanya kompor, anda tidak akan bisa melakukan aktivitas memasak. Bisa dikatakan kompor adalah peralatan dapur paling penting dan mempunyai kedudukan yang tidak bisa di kesampingkan.

7. Rice Cooker

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini manusia menjadi menginginkan hal-hal yang lebih praktis. Jadi disarankan untuk mempunyai alat penanak nasi otomatis ini. Dengan adanya rice cooker, anda tidak perlu repot-repot memasak nasi secara manual dan takut hasilnya kurang baik.

Keberadaan penanak nasi ini dirasa akan sangat membantu. Hasilnya pun sudah pasti akan baik. Yang terpenting perhatikan takaran yang dianjurkan. Kita hanya perlu belajar mengenai takaran air agar hasil nasi yang didapatkan tidak terlalu keras atau pun terlalu lunak.

8. Panci

Panci mempunyai ukuran yang sangat bervariasi. Fungsi panci di dapur banyak dimanfaatkan untuk memasak sayuran, mengukus, merebus air dan bisa digunakan untuk memasak nasi jika memang belum mempunyai alat penanak nasi otomatis.

9. Over the Sink Strainer

Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan kamu mencuci bahan makanan setelah memotongnya. Keduanya bisa dilakukan dalam satu wadah saja.

10. Penjepit makanan

Untuk membolak-baikkan gorengan supaya tangan tidak panas. Ukuran masakan besar dan kecil bisa disesuai dengan alat ini.

12. Panci Presto

Disebut juga panci tekan, karena memiliki tutup kedap udara yang pemakaiannya harus ditekan terlebih dulu. Terbuat dari bahan baja stainless anti karat, sangat praktis digunakan dan menghemat waktu. Biasa digunakan untuk memasak bahan makanan yang lama proses memasaknya, seperti daging, ayam, ketupat, dan lain-lain.

13. Pisau

Minimal Anda harus memiliki dua macam pisau di dapur. Satu pisau berukuran sedang yang biasanya digunakan untuk memotong, mencincang, mengupas bahan makanan dengan ukuran besar, seperti semangka, pepaya, dan lain-lain. Sedangkan pisau kecil dapat digunakan untuk mengupas bawang, mengupas buah, mem-fillet dan menguliti.

13. Kukusan

Berfungsi untuk mengukus masakan. Terbuat dari bahan alumunium. Panci steam ini biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu panci besar untuk menampung air, kemudian terdapat panci lain dengan ukuran berbeda dan berlubang di dasar dan pinggirannya, kemudian dilengkapi dengan tutup kaca.

Cukup penyampaian untuk alat masak modern-nya, selanjutnya kami akan menyampaikan mengenai alat masak tradisional. Apakah Anda sebagai generasi zaman now sudah pernah mengetahuinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s