Hobi Masak? Ini Peralatan Dapur Wajib Ada Di Rumah Anda

Peralatan apa saja yang harus dimiliki jika kamu ingin serius menjadi chef? Seorang chef andal memerlukan alat kerja yang bisa diandalkan. Pekerjaan dapur memerlukan alat masak yang berkualitas karena beban kerjanya cukup tinggi. Untuk kamu, calon koki, kamu wajib memiliki 11 alat masak berikut supaya kerjamu lancar dan nyaman. Ini 11 alat masak yang wajib kamu miliki di dapur. Ini alat masak yang wajib ada di dapur 

Memasak bukan hanya hobi atau tugasnya ibu rumah tangga. Saat kamu di rumah seperti saat berlakunya work from home ini, untuk sebagian orang, memasak jadi rutinitas. Jika kamu baru pemula di dapur, alat dapur ini harus ada di dapur, karena pasti digunakan saat proses memasak. 

1. Set pisau lengkap untuk berbagai keperluan, alat masak yang pasti dibutuhkan

Pisau ada beragam jenis, dibedakan berdasarkan fungsinya. Penggunaan pisau yang tepat, akan memperlancar kerjamu di dapur. Misalnya, untuk mengupas sayuran gunakan paring knife dengan ujung runcing dan ukuran kecil, pisau roti khas dengan mata pisaunya yang bergelombang roti dapat terpotong dengan rapi dan banyak remahan yang terlepas. Calon koki, pelajari fungsi tiap pisau, ya. Alat masak ini memiliki fungsi yang berbeda untuk setiap jenis dan bentuknya.

Dalam satu set pisau biasanya juga disediakan gunting dapur. Gunting dapur ukurannya cukup besar dan pegangannya lebih kokoh agar kuat memotong bagian tulang, jika diperlukan saat kamu mau mem-fillet daging ayam atau ikan.

Download Katalog Toko Mr. Kitchen

2. Talenan, alat masak yang harus dibedakan untuk setiap kategori bahan

Setidaknya kamu harus memiliki dua buah alat masak ini. Talenan umumnya terbuat dari 2 pilihan bahan, plastik dan kayu. Talenan plastik lebih tahan lama dan tidak mudah menyimpan bakteri, dibanding talenan kayu. Bahan kayu mudah tergores, dan bahannya agak lembap, membuat bakteri senang tinggal dan bersembunyi di dalamnya.

Bedakan penggunaan talenan berdasarkan kategori bahan, untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang. Pastinya kamu harus memiliki lebih dari satu talenan di dapur. Pisahkan talenan untuk daging, ikan, atau ayam mentah dengan bahan matang. Talenan bahan matang juga dibedakan dengan talenan bahan sayuran dan buah-buahan.

Lihat peralatan masak yang kamu cari di sini

3. Panci, alat masak yang wajib dimiliki dalam beberapa ukuran

Ada beberapa jenis bahan dasar pancistainless steel, aluminium, kaca tahan panas, berlapis enamel, hingga berlapis lapisan antilengket. Alat masak ini sebaiknya dimiliki dalam beberapa ukuran, mulai dari yang terkecil untuk memasak porsi kecil, dan ukuran besar untuk memasak sekaligus dalam jumlan banyak atau membuat hidangan berkuah banyak, seperti soto, sup, atau tekwan. Tidak perlu menggunakan alat masak berukuran besar jika porsi makanan yang kamu masak sedikit. Pelajari kelebihan dan kekurangan dari tiap material bahan dasar panci. Pilih yang paling pas dengan kebutuhan dan bujet kamu.

Temukan Promo Menarik Mr. Kitchen Hari ini

4. Wajan untuk memasak aneka masakan

Boleh dibilang inilah alat masak tradisional sekaligus modern yang selalu ada di dapur. Wajan merupakan alat masak yang dapat kamu gunakan untuk menumis dan menggoreng. Wajan cekung ideal untuk menggoreng dengan minyak banyak, sedangkan wajan datar pas untuk membuat aneka tumisan atau membuat dadar tipis dan omelet.

Seperti panci, wajan juga tersedia dalam berbagai pilihan material yang bisa kamu pilih. Tiap material punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, wajan ant ilengket termasuk salah satu yang wajib ada. Fungsi anti lengketnya sangat membantu kegiatan menumis dan menggoreng kamu. Dan, salah satu merk alat masak yang bagus dan sering menjadi favorit mereka yang hobi memasak adalah Maxim.

5. Aneka spatula dan sesuaikan penggunaan alat masak ini dengan kebutuhanmu

Spatula memiliki banyak macam dan bentuk, sesuai kegunaanya. Ada yang untuk menumis dan menggoreng, membuat masakan berkuah, hingga mengangkat pasta. Alat masak ini sangat penting untuk membantu kamu memasak di dapur.

Material pembuat spatula pun berbeda-beda. Bahan kayu yang ringan dan murah, stainless steel yang kokoh, nylon yang tahan panas, hingga silikon yang lentur. Apapun pilihan kamu, bebas saja. Yang pasti, jangan gunakan spatula berbahan stainless steel untuk panci atau wajan anti lengket karena dapat menggores dan merusak lapisannya.

6. Peeler untuk mengupas dengan cepat

Sekilas kamu akan menganggap alat masak ini tidak terlalu penting. Padahal, mengupas kulit wortel dan kentang akan jauh lebih cepat menggunakan peeler dibanding menggunakan pisau. Hasil kupasannya pun tipis dan rapi. Meskipun kecil, alat masak ini sangat kamu perlukan di dapur. Pilih peeler yang nyaman digenggam dan tidak berkarat. Bentuk dan warnanya memiliki banyak pilihan. Alat masak modern ini juga memiliki harga yang cenderung ramah kantung.

Temukan promo menarik dari Toko Mr. Kitchen di sini

7. Blender untuk menghaluskan bumbu hingga membuat sup krim

Alat masak ini punya banyak fungsi yang dapat membantu kerjamu jadi lebih mudah dan praktis. Mulai dari menghaluskan bumbu, menghaluskan bahan sup krim, hingga membuat saus buah sebagai penyerta dessert. Pilihlah blender modern yang dilengkapi dengan grinder, untuk menghaluskan bumbu kering.

8. Jangan lupakan timbangan, alat masak yang membuat komposisi bahan lebih presisi

Seorang koki harus mampu membuat hidangan yang cita rasanya dapat dipertahankan sama, walaupun kamu memasak di waktu yang berbeda. Karena itu kamu memerlukan resep dengan komposisi bahan yang terstandar sehingga memasak tak lagi menggunakan feeling. Untuk akurasi resep, timbangan sangat diperlukan. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika kamu memiliki timbangan digital yang dapat menimbang dalam jumlah kecil. Alat masak ini akan mencegah kurangnya rasa atau adanya rasa yang berlebihan di dalam makanan buatanmu.

9. Sendok ukur untuk mengukur bahan dengan jumlah sedikit

Sama halnya dengan timbangan, sendok ukur adalah alat esensial untuk mencapai standarisasi masakan, agar cita rasa masakan hari ini dan esok tak berbeda. Jika tidak memiliki timbangan digital, bahan-bahan dalam jumlah kecil dapat distandarkan menggunakan sendok ukur. Alat ini memiliki saturan ukuran bertingkat, mulai dari 1/8 sdt, 1/4 sdt, hingga 1 sdm. Misalnya untuk mengukur bumbu kering atau saus penyedap seperti saus tiram, minyak wijen, dan lain-lain. Alat ini juga bisa menakar bahan cair dalam jumlah sedikit. Tiap 1 sdm setara dengan 15 ml cairan, dan 1 sdt setara dengan 5 ml cairan.

Download Katalog Mr. Kitchen di sini

10. Kompor dengan api yang stabil

Bagaimana mungkin seorang koki dapat memasak tanpa kompor? Bukan sekedar kompor, tetapi kompor berkualitas dengan api yang stabil. Besar kecilnya api akan memengaruhi hasil masakan. Jangan lupa, bersihkan tungku api secara periodik, agar nyala apinya tetap maksimal. Kotoran yang menyumbat selain akan membuat api jadi kecil, juga akan memengaruhi pemakaian gas sehingga menjadi lebih boros.

11. Oven untuk memanggang main course hingga dessert

Masakan yang dimatangkan dengan proses memanggang memberikan sensasi aroma khas. Tak hanya harumnya adonan kue yang dipanggang, aroma daging ayam atau sapi yang dipanggang pun tak kalah menggiurkan. Idealnya, kamu memiliki oven yang dilengkapi alat pengatur suhu agar tingkat kematangan masakan sempurna. Alat masak ini juga akan memudahkanmu ketika ingin membuat kue. Tidak hanya kue, berbagai lauk utama juga bisa dimasak menggunakan oven. Selain oven, kamu juga bisa menggunakan microwave. 

Yuk, calon koki, segera lengkapi alat masak kamu! Pastikan sudah memiliki selurut alat masak ini di dapur agar memasak menjadi lebih menyenangkan.

Kunjungi Toko Mr. Kitchen di Jl. Garuda No. 75-77 Bandung atau hubungi Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s