Usaha Katering? Berikut Perlengkapan Makan yang Kamu Perlu

Alat makanuntuk usaha katering bisa dibilang sebagai peralatan dapur wajib yang harus ada, karena tanpa alat ini usaha katering bisa dipastikan akan mengalami banyak kendala atau bahkan tidak bisa jalan.

Memang dalam merintis usaha katering akan membutuhkan banyak peralatan, mulai dari peralatan memasak, peralatan penyajian makanan, berbagai alat makan, peralatan transportasi, dan juga peralatan untuk tata usaha lainnya. Berbagai peralatan ini bisa didapatkan dengan membeli, menyewa, atau dengan memanfaatkan berbagai peralatan dapur yang ada di rumah.

Dari sekian banyak jenis peralatan yang digunakan untuk menjalankan usaha katering, alat makan sendiri juga memiliki banyak macamnya. Mulai dari berbagai jenis piring, aneka sendok, mangkok, gelas, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya berikut ini kami sajikan berbagai alat makan dan alat penyaji makanan beserta fungsinya.

1. Piring

Piring adalah salah satu alat makan yang digunakan untuk menyajikan makanan utama maupun pendamping. Piring bisa terbuat dari bahan kaca, rotan, porselen, plastik, maupun logam seperti kuningan atau stainless stell. Namun dari sekian banyak bahan piring yang ada, sebagian besar pengusaha katering menggunakan piring yang terbuat dari keramik, porselin dan kaca.

Selain dapat dibedakan berdasar bahan baku pembuatannya, piring juga bisa dibedakan berdasar bentuk dan ukurannya. Perbedaan bentuk dan ukuran ini tentu juga memiliki perbedaan fungsi, misalnya piring untuk makan, piring kecil untuk tatakan cangkir, atau piring yang digunakan untuk menata lauk.

2. Mangkuk

Selain piring dalam usaha katering juga dibutuhkan mangkuk, yakni sebuah wadah makanan seperti halnya piring namun berbentuk lebih cekung dengan kedalaman tertentu sehingga sangat cocok untuk menyajikan berbagai makanan yang berkuah seperti sayur sop maupun es buah.

Ada beraneka macam mangkuk yang bisa digunakan untuk usaha katering, mulai dari mangkuk yang terbuat dari porselin, kaca bening, ataupun bahan-bahan alternatif seperti kayu atau logam seperti alumunium maupun stainless steel. Berbagai variasi bentuk, warna dan motif mangkuk diproduksi untuk memberi keleluasaan orang untuk penggunaannya.

3. Sauce dish

Sauce dish merupakan alat penyaji makanan yang berbentuk seperti mangkuk namun digunakan untuk mewadahi saus, kecap dan juga sambal sebagai pelengkap hidangan. Alat makan ini banyak digunakan oleh pengusaha katering saat menyajikan hidangannya dengan cara prasmanan.

Temukan promo menarik dari toko Mr. Kitchen

4. Sendok dan Garpu

Sendok dan garpu bisa dibilang sebagai sepasang alat makan yang tidak boleh terlewatkan saat berbelanja peralatan usaha katering. Ada banyak bentuk dan fungsi dari sendok dan garpu ini, mulai dari yang berukuran kecil, sedang dan juga besar. Masing-masing sendok juga memiliki fungsi yang berbeda, ada sendok yang khusus digunakan untuk makan nasi, makan sup, makan es krim, dan lainnya.

5. Tong penjepit

Tong penjepit merupakan peralatan terbuat dari bahan stainless steel yang digunakan untuk mengambil makanan-makanan padat pada saat makanan disajikan secara prasmanan. Penggunaan alat ini dilakukan dengan cara menjepit makanan yang akan diambil, misalnya lauk tempe, tahu goreng, atau yang lainnya.

6. Roll top/Pemanas

Pemanas long merupakan peralatan untuk menyajikan makanan seperti sayur agar selalu dalam kondisi hangat/panas. Peralatan ini banyak terbuat dari bahan stainless steel atau bahan kaca anti panas yang dibagian bawahnya dilengkapi kompor kecil.

7. Punch bowl

Punch bowl ini merupakan mangkuk besar yang biasa digunakan untuk menyajikan berbagai minuman yang memiliki campuran makanan lain, misalnya es kelapa muda, es cendol, es buah, dawet, dan lain-lain. Ada banyak bentuk dan ukuran punch bowl ini, ada yang dijual satuan dan ada juga yang dijual paketan beserta mangkuk kecil atau gelasnya.

8. Soup Tureen

Merupakan salah satu alat penyaji makanan berkuah khususnya untuk saur soup. Sebagian alat ini berbentuk cekung yang lebih dalam, bisa terbuat dari bahan porselin, kaca, alumunium ataupun stainless. Beberapa soup tureen sudah dilengkapi dengan kompor pemanas sehingga sayur bisa dihidangkan selalu hangat/panas

9. Gelas

Merupakan alat minum yang juga harus dimiliki oleh mereka yang mendirikan usaha katering. Ada banyak ukuran, bentuk dan motif gelas. Selain itu bahan untuk membuat gelas juga bermacam-macam, penggunaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

10. Cangkir

Alatini banyak digunakan untuk menyajikan berbagai minuman seperti kopi, teh panas, cokelat ataupun susu. Cangkir dalam usaha katering banyak dipakai saat berbagai makanan dan minuman disajikan dengan prasmanan.

Download katalog Toko Mr. Kitchen di sini

11. Teko

Teko ini bisa dibilang sebagai alat untuk melengkapi adanya gelas dan cangkir. Fungsi utamanya sebagai wadah minuman sebelum dituangkan dalam gelas atau cangkir tersebut. Ada banyak bentuk dari teko ini, begitu pula dengan bahan yang digunakan untuk membuat teko. Teko bisa digunakan saat di dapur maupun sebagai alat penyaji minuman saat acara prasmanan.

12. Tempat gula

Ada banyak macam dan bentuk tempat gula yang bisa digunakan untuk mendirikan usaha katering. Tempat gula ini bisa dibedakan berdasarkan fungsinya, misalnya tempat gula untuk kebutuhan di dapur harus dibedakan dengan tempat gula sebagai penyaji minuman di lokasi acara.

13. Baki

Baki merupakan alat penyaji makanan ataupun minuman dalam bentuk plat yang terbuat dari bahan logam, bahan kayu, bahan porselin atau yang lainnya. Ada berbagai bentuk dan ukuran baki, untuk pemakaian dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

14. Juicer

Merupakan alat yang digunakan untuk membuat es juice, beberapa alat ini ada yang dioperasikan secara manual dan ada juga yang elektrik menggunakan tenaga listrik.

15. Coffee maker

Merupakan peralatan yang khusus untuk membuat minuman kopi dalam jumlah yang cukup banyak. Coffee maker ini bisa digunakan di dapur maupun langsung disajikan saat acara dilangsungkan dengan prasmanan. Saat disajikan di prasmanan, coffee maker ini biasnaya akan dilengkapi dengan cangkir, sendok kecil, dan gula.

16. Jumbo coffee

Merupakan alat penyaji minuman yang bisa digunakan saat acara makan disajikan secara prasmanan. Jumbo coffe ini bisa menahan panas seperti termos sehingga sangat cocok digunakan untuk menyimpan minuman kopi panas maupun teh panas.

17. Asbak

Meski bukan peralatan yang wajib dimiliki dalam usaha katering, namun asbak juga perlu dimiliki untuk persediaan apabila pemilik acara menginginkan adanya asbak.

18. Display untuk alat makan

Merupakan tempat display yang terbuat dari kayu atau bahan lainnya sehingga bisa digunakan untuk tempat berbagai alat makan saat acara dilangsungkan dengan prasmanan. Ada berbagai bentuk dan gaya alat display ini, masing-masing katering biasanya dapat menyediakan berbagai jenis gaya dekorasi sehingga bisa disesuaikan dengan dekorasi acara lainnya.

Kunjungi Toko Mr. Kitchen di Jl. Garuda No. 75-77 Bandung atau hubungi Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s