Cara menentukan Alat Dapur Pilihan yang Berkualitas

Dewasa ini kita sudah dimudahkan untuk memilih peralatan dapur, baik itu yang di jual di pasaran maupun yang di jual di toko Mr. Kitchen yang terpercaya. Harganya pun sangat bervariatif, dari yang harganya mahal sampai yang harganya murah tersedia disana. Terlebih lagi pada era globalisasi dan pasar bebas saat ini, banyak produk-produk asing yang bekualitas yang bias kita jumpai di negeri ini. Produk tersebut pun memiliki banyak variasi yang membingungkan pembeli bingung untuk menentukan peralatan dapur apa yang cocok sehat dan berkualitas untuk mereka.

Namun, jika Anda temasuk salah satu pembeli tersebut, Anda harus mengetahui standarisasi internasional yang baik dan berkualitas, Karena seperti yang sudah di kutip dari Wikipedia, Standarisasi internasional adalah standarisasi yang sudah di uji oleh para ahli internasional yang kemudian hasilnya tersebut diaplikasikan oleh para masyarakat internasional, tak terkecuali peralatan dapur, standarisasi tersebut sudah melalui proses penelitian yang baik untuk digunakan oleh para penggunanya. Namun, apakah standarisasi tersebut dan bagaimana Anda bisa memilih peralatan dapur tersebut. Simak tipsnya di bawah ini.

Cek Katalog Toko Mr. Kitchen Sekarang Juga!

Menentukan Peratan Dapur yang Sehat dan Berkualitas

1. Tentukan dari Bahan Pembuatannya

Bahan peralatan dapur sangat menentukan kesehatan masakan yang akan di buat, hal ini teramat sangat perlu kita perhatikan dalam memilih peralatan dapur. Banyaknya variasi bahan tersebut seperti stainless steel, plastic, kayu, tembaga, alumunium dan juga besi harus kita pertimbangkan. Cara menentukannya mudah, cukup sesuaikan saja kegunaan peralatan dapur tersebut dengan apa yang akan kita masak. Berikut kegunaan peralatan dapur dari berbagai macam bahan yang sudah disebutkan:

· Plastic

Peralatan dapur yang berbahan plastic akan sangat tepat jika digunakan sebagai tempat pudding, cetakan roti, landasan mengiris, atau cetakan yang lainnya. Kenapa? Kerena peralatan dapur yang berbahan plastic sangat tidak baik jika bersentuhan langsung dengan sesuatu yang panas, terlebih lagi jika digunakan terus-menerus.

· Kayu

Peralatan dapur yang satu ini sangat sering kita jumpai pada peralatan dapur yang berupa sendok sayur, spatula, dan sendok nasi. Tekstur dan sifatnya yang bisa menyerap panas menjadikannya andalan untuk digunakan pada peralatan tersebut. Namun sisi negatifnya adalah pori-pori dari kayu ini mampu menyerap minyak dan lemak. Oleh karenanya, pencucian yang bersih harus sangat diperhatikan dan jangan sampai ada minyak yang masih menempel karena jika dibiarkan akan menyebabkan perkembang biakan jamur di dalamnya.

· Kaca

Penggunaannya sangat sering kita jumpai di dapur seperti tutup panic, gelas, piring, mangkuk, gelas dan sebagainya. Sifatnya yang solid menjadikan minyak ataupun lemak masuk kedalam permukaan kaca. Kacapun sangat mudah dibersihkan, tapi kekurangannya adalah kaca tidak tahan terhadap panas dan juga memiliki beban yang lebih berat dari pada peralatan di atas.

· Stainless Steel

Sering kita jumpai pada peralatan dapur seperti sendok, alat pemanas, penggorengan, wajan, panci, dan sebagainya. Sifat dari bahan ini yaitu tahan dan cepat menghantarkan panas, terlebih lagi tidak menimbulkan kerak jika terkena pasan api. Lemak dari makanan yang kita masak pun tidak mudah masuk kedalam satainless steel.

2. Tentukan Cara Perawatannya

Merawat peralatan dapur sangat menetukan umurnya, oleh sebab itu ada beberapa cara yang bisa di ikuti untuk menentukan peralatan dapur agar bisa berumur panjang.

· Memilih peralatan dapur yang mudah dibersihkan merupakan cara yang tepat. Hal ini bisa meminimalisir debu atau kotoran lainnya yang mungkin bisa menempel pada alat tersebut dan kita jadi bisa mudah membersihkannya.

· Menentukan peralatan dapur yang mudah dibongkar pasang bisa memudahkan Anda untuk membersihkannya. Biasanya, peralatan seperti ini sering kita jumpai pada mesin juice dispenser, blender, dll Maka dari itu, jika bisa, pilihlah peralatan dapur yang seperti ini.

· Hindari pemilihan alat dapur yang memiliki warna mencolok karena hal ini bisa bisa membiaskan mata kita dari minyak dan lemak yang mungkin akan menyerap kedalam lapisan makanan yang kita masak

· Hindari juga peralatan dapur yang memiliki sudut runcing dan tajam (kecuali pisau), hal ini untuk meminimalisir terjadinya luka yang membahayakan selagi memasak.

Temukan promo dari Toko Mr. Kitchen di sini

3. Tentukan Harga

Harga tidak selamanya bisa dijadikan patokan bahwa peralatan yang kita gunakan memiliki kualitas bagus. Di bawah ini cara menentukan peralatan dapur yang beradasarkan pada harganya:

· Pilihlah standarisasi nasional atau sekarang sering di sebut SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk memilih peralatan dapur yang bersentuhan langsung dengan panas api.

· Pilihlah peralatan dapur yang sudah memiliki brand atau merk di pasaran untuk memilih peralatan dapur elektronik. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, barang tersebut sudah memiliki sertifikat langsung dan pastinya terjaga dan memiliki garansi keawetan tersendiri.

· Untuk peralatan pendukung dapur seperti spatula, tutup pudding, piring dan lain-lain. Anda bisa bebas memilih yang murah maupun yang mahal, namun penulis menyarankan untuk memilih yang murah saja karena peralatan ini hanyalah peralatan pendukung yang sederhana.

Download Katalog Mr. Kitchen di sini

4. Perhatikan Fungsi dan Kegunaannya

Berdasarkan fungsi dan kegunaan dari peralatan dapur, penulis mencoba memberikan sedikit tips untuk menentukannya, hal ini penting agar barang yang Anda pilih tidak menjadi barang yang sia-sia.

· Belilah peralatan dapur yang nyaman dan mudah untuk digunakan seperti membeli spatula yang memiliki penghantar panas  pada pegangannya.


· Pilihlah peralatan dapur yang hanya memiliki satu fungsi, sebagai contoh menggunakan panci khusus untuk menyeduh air atau merebus mie instan. Keuntungan memilih peralatan jenis ini adalah keawetannya karena hanya di buat untuk satu masakan, dan juga bisa menghindari akan adanya racun yang bisa terserap karena penggunaan masakan yang memiliki fungsi ganda.

Bila tips sederhana di atas sudah anda ikuti, kualitas masakan dan kesehatan Anda bisa sedikit meningkat. Peralatan masak yang Anda miliki pun akan menjadi lebih berumur panjang, dan kini memasak bukan lagi hambatan untuk Anda. Terakhir yang sangat dan perlu Anda perhatikan adalah kebersihannya, karena bakteri, kuman dan jamur bisa menempel kedalam masakan yang kita hidangkan jika kita tidak mencucinya secara seksama. Demikian 4 tips sederhana dan mudah yang bisa saya tulis, semoga dapat membantu dan bisa bermanfaat.

Kunjungi Toko Mr. Kitchen di Jl. Garuda No. 75-77 Bandung atau hubungi Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s