Jenis-Jenis Pisau Wajib punya di Rumah

Pisau adalah salah satu peralatan masak yang paling dibutuhkan. Alat yang satu ini harus tersedia di dapur untuk memudahkan proses pengolahan bahan masakan. Untuk kamu yang suka menghabiskan waktu untuk memasak di dapur, ada 5 pisau chef tajam yang wajib kamu miliki nih. Simak, ya!

1. Cleaver Knife – Pisau Daging

Cleaver knife adalah pisau besar, lebar dan tebal yang biasanya digunakan chef makanan khas Jepang untuk memotong daging menjadi sashimi.

Pisau ini juga digunakan untuk mencincang daging, atau memotong daging utuh menjadi beberapa bagian. Gagangnya yang kokoh membuat penggunanya mantap menggunakannya.

Temukan Pisau Pilihan anda di sini

2. Paring Knife – Pisau Ukir

Pisau tajam ini dikenal juga sebagai pisau buah. Bentuknya ramping dengan sedikit lengkungan di ujung besi pisaunya. Panjangnya hanya 5 cm sampai 10 cm.

3. Utility Knife

Ini adalah pisau yang cukup umum ada di dapur. Ukurannya sedang, dengan ukuran gagang yang pas digenggam. Pisau tajam ini bisa digunakan untuk semua kebutuhan memotong atau mengelupas bahan masakan.

4. Bread Knife – Pisau Roti

Sesuai namanya, ini adalah pisau yang digunakan untuk memotong roti. Bagian bawah yang agak bergerigi memudahkan proses memotong roti yang memiliki tekstur riskan atau mudah hancur.

Download Katalog Mr. Kitchen sekarang juga!

5. Chef’s Knife – Pisau Serbaguna

Terakhir, ada chef‘s knife atau pisau serbaguna yang juga banyak digunakan di dapur. Bentuknya agar lebar namun pipih, tidak terlalu tebal, dan pas digenggam. Bisa digunakan untuk memotong apa saja.

Mengenal Chef’s Knife

Pisau serbaguna atau yang juga dikenal dengan nama chef‘s knife dan pisau koki banyak dijual di pasaran. Jenis pisau ini juga digemari banyak pengguna karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan memotong bahan masakan.

Seperti memotong sayuran, daging, mem-fillet daging, mengupas sayur dan buah, merajang dan mencincang, memotong kue, dan masih banyak lagi lainnya.

Jangan lewatan promo menarik dari toko Mr. Kitchen

Kamu bisa memilih Panjang Chef’s knife sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari panjang 18 cm sampai 24 cm. Sedangkan untuk bahan, chef’s knife tersedia dengan bahan baku berikut:

  • Baja normal. Sifatnya kuat, tahan panas, tingkat ketajaman yang baik, mudah diasah, namun rawan karatan jika lama tak digunakan.
  • Baja anti karat (stainless steel). Bahan ini dijamin anti karat dan cukup tajam.
  • Keramik. Sekilas, bahan ini terlihat seperti plastik putih. Namun, kamu tak boleh menyepelekan tingkat ketajamannya. Pisau ini juga ringan, dan aman untuk memotong bahan masakan yang asam. Seperti jeruk nipis, lemon, dan sebagainya.

Keunggulan dari Chef’s knife adalah ukurannya yang pas (tidak terlalu tebal atau tipis), gagang yang kokoh, serta bentuknya yang ramping. Chef’s knife juga mudah diasah agar lebih tajam karena bentuk dan ukurannya yang pas tersebut.

Tips Perawatan Pisau
  • Biasakan selalu mengelap pisau sesudah digunakan maupun setelah dicuci. Cairan pada pisau akan membuat karat cepat timbul. Apalagi jika tak digunakan cukup lama.
  • Asah pisau secara teratur. Terutama saat pemakaian sudah terlalu sering dan mulai terasa tumpul. Alat asah pisau bisa menggunakan mesin pengasah otomatis, batu pengasah maupun bagian ujung alat ulek berbahan batu alam.
  • Simpan pisau di tempat yang kering dan tidak lembab.

Kunjungi Toko Mr. Kitchen di Jl. Garuda No. 75-77 Bandung atau hubungi Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s