Mulai Masak di Rumah? Wajib ada Wajan dan berikut Fungsinya


Kalau kamu punya hobi masak, wajan menjadi salah satu alat masak yang wajib ada di dapur. Bagi sebagian orang, punya satu wajan saja mungkin sudah cukup karena wajan bisa digunakan untuk memasak berbagai macam hidangan, mulai dari masakan yang digoreng, ditumis atau bahkan makanan berkuah sekali pun. Penggunaan wajan yang seperti ini sebenarnya rentan membuatnya rusak. Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa jenis wajan yang sesuai dengan kebutuhannya. Tak boleh asal pakai, berikut beberapa jenis wajan yang perlu kamu ketahui.

Jenis wajan sesuai dengan fungsinya yang harus kamu miliki di dapur

Selama di rumah aja punya hobi baru, yaitu memasak? Agar masakan kamu makin enak, ketahui dulu jenis wajan, si alat masak wajib, yang harus ada di dapur ini.

1. Frypan 

Wajan berukuran datar ini berfungsi untuk menumis atau menggoreng dengan sedikit minyak. Itu sebabnya bentuknya agak datar. Meski hanya menggunakan sedikit minyak, masakan tetap bisa cepat matang. Fry pan sendiri tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Jenisnya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari teflon atau stainless steel yang biasa digunakan oleh para juru masak. 

Download Katalog Mr. Kitchen di Sini

2. Saucepan

Bagi orang awam mungkin lebih mengenal wajan ini sebagai panci. Sauce pan memang memiliki cekungan yang agak dalam. Fungsinya sendiri untuk memudahkan penggunaannya dalam membuat saus. Biasanya diameter wajan ini hanya berukuran 14 – 18 cm saja, jadi memang tidak terlalu lebar. 

3. Wok

Untuk membuat hidangan yang ditumis, wok adalah wajan yang tepat untuk kamu gunakan. Berbeda dengan frypan, bentuk wok tidak datar melainkan berbentuk cekung yang dalam karena fungsinya sendiri adalah untuk menggoreng atau menumis masakan dengan minyak banyak. Cekungan akan menjaga semua masakan terendam dalam minyak. Wok juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Penggunaan wok sangat populer di Negeri China dan negara Asia Tenggara.

Temukan Promo Menarik dari Toko Mr. Kitchen di Sini

4. Grilled dan grill pan

Baik grilled dan grill pan, keduanya digunakan untuk memanggang. Perbedaannya terletak pada tekstur lapisannya. Grilled pan sendiri tidak memiliki lapisan atas yang bertekstur, sedangkan grill pan justru memiliki permukaan yang bergerigi. Grilled pan lebih cocok digunakan untuk memanggang roti, tape, dan lainnya. Sementara grilled pan biasanya digunakan untuk memanggang daging untuk sajian steak. Kalau kamu suka menyantap hidangan steak dan melihat adanya garis-garis pada permukaan daging, maka hal tersebut didapatkan dari lapisan  bergerigi yang ada pada grill pan. 

5. Stockpot

Bentuknya hampir sama dengan sauce pan namun ukurannya saja yang berbeda. Stock pot memiliki ukuran yang lebih tinggi dengan pegangan di kedua sisinya. Fungsinya sendiri untuk memasak makanan berkuah karena masakan bisa direndam secara menyeluruh dalam satu wajan, sehingga menghasilkan tingkat kematangan yang sempurna. Stock pot juga mampu menampung banyak minyak, sehingga cocok digunakan untuk menggoreng makanan dengan teknik deep fried. 

6. Saute pan

Sekilas, bentuknya memang mirip dengan frying pan. Namun, yang membuatnya berbeda adalah ukurannya. Saute pan memiliki ukuran yang lebih besar dengan ketinggian sedang. Wajan satu ini juga dilengkapi dengan gagang guna memudahkan penggunaannya. Sama seperti saute pan yang tidak bisa menampung minyak dalam jumlah banyak, saute pan biasa digunakan untuk menumis atau menggoreng dengan minyak sedikit. 

Nah, kalau kamu sudah punya wajan yang mana saja?

Kunjungi Toko Mr. Kitchen di Jl. Garuda No. 75-77 Bandung atau hubungi Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s