Simak Pengenalan tentang Gelas Wine yang Penting untuk Dipahami

Jenis-jenis Gelas Wine

Gelas White Wine

Gelas pertama adalah gelas white wine atau gelas untuk wine putih. Gelasnya lebih ramping, batangnya panjang, badannya yang lebih mirip huruf U. Kenapa batang gelasnya cukup panjang? Penyebabnya karena wine sangat terpengaruh oleh suhu, termasuk suhu tubuh.

Ada beberapa jenis gelas ini seperti banquet crystal, twiggy crystal, banquet white wine dan sebagainya. Wine jenis apa yang bisa diminum dengan gelas ini? Tentunya beberapa jenis gelas putih, seperti suvignon blanc, pinot gris, rose wine dan sebagainya.

Gelas Red Wine

Gelas untuk red wine bentuknya lebih bulat. Tangkainya cukup kecil, sehingga banyak yang meminumnya dengan memegang badan gelas. Ada dua jenis gelas anggur merah, yakni Bordeaux dan Burgundy. Gelas Bordeaux ditujukan untuk minum anggur merah sejenis Cabernet, Merlot dan jenis minuman yang kuat lainnya.

Download Katalog Toko Mr. Kitchen disini

Sedangkan gelas burgundy dibuat untuk anggur yang rasanya lebih lembut. Tidak hanya itu, aroma dan rasa dari wine benar-benar didukung oleh gelas ini, lantaran badannya yang lebar. Tujuannya adalah hidung Anda bisa “ikut masuk” ke dalam gelas, untuk bisa menikmati aromanya.

Gelas Champagne (Flute)

Gelas selanjutnya adalah gelas champagne. Gelas satu ini sering juga disebut flute. Bentuknya bagian atas lebih ramping dan bagian bawahnya lebih besar. Kaki gelas lebih tinggi dan semakin ke atas semakin mengecil.

Gelas ini dibuat dengan bibir gelas yang jauh lebih sempit, apalagi bila dibandingkan dengan gelas anggur merah. Penyebabnya adalah agar gelembung dari sparkling wine tidak cepat hilang dan keluar dari gelas.

Temukan Gelas Wine Pilihan Anda di Sini

Gelas Rose Wine

Sebenarnya, rose wine sering dinikmati dengan gelas khusus white wine. Ternyata, ada loh gelas yang memang khusus untuk menikmati rose wine. Gelas tersebut bagian bawahnya menggembung bahkan terkesan meliuk. Sedangkan bagian atasnya sedikit melebar.

Ternyata, hal itu ditujukan agar dapat menikmati aroma yang kuat dan khas dari rose wine. Perlu diingat, bila Anda adalah tipe orang yang menikmati rose wine dengan cara mencampurkan white wine dengan red wine, hal tersebut salah besar, loh. Bahkan di Perancis sana, hal tersebut adalah hal yang ilegal!

Gelas Sherry

Pernah dengar gelas sheery? Gelas sherry ciri khasnya adalah bagian wadah dalamnya lebih dalam dari gelas biasa, serta lebih menggembung, sedangkan tangkainya lebih pendek. Gelas ini digunakan untuk menikmati minuman yang aromatik.

Gelas ini disebut juga gelas aperitif, yakni minuman keras yang bisa memicu rasa ingin makan. Jenis liquors semacam ini menjadi minuman yang paling sering disajikan sebagai teman makan. Selain aromatik, kadar alkoholnya biasanya lebih tinggi. Oleh sebab itu, gelas sherry dibuat untuk mengakomodasi hal tersebut.

Kunjungi Toko Mr. Kitchen di Jl. Garuda No. 75-77 Bandung atau hubungi Whatsapp +62 819-1019-2389

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s